Jumlah Protein yang Dibutuhkan Satu Hari

Jumlah Protein yang Dibutuhkan Satu Hari
Kita semua mengerti kalau tubuh membutuhkan protein, yang bisa kita dapatkan dari bermacam makanan. Tapi, apakah kita tahu berapa banyak asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh?

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, kita bisa menggabungkan beberapa jenis makanan. Seprti daging, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga sayuran yang kaya protein. Alasannya sudah jelas. Protein penting untuk kesehatan tubuh kita. Protein menjadi ‘mortir’ untuk kesehatan otot, tulang, dan darah. Lalu, berapa rata-rata asupan protein yang dibutuhkan tubuh?

U.S. Dietary Guidelines mengatakan, orang dewasa harus mengambil minimal 10 persen kalori harian dari protein (setara dengan 0.36 gram protein per pound/0,45 kg pada berat badan). Guideline juga mengatakan, asupan kalori yang sehat bagi tubuh berkisar 35 persen dari kalori harian.

Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, tubuh pun bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Tubuh memecah protein menjadi asam amino. Lalu, menggunakan mereka untuk membangun otot. Protein juga bisa menjadi sumber energi cadangan yang dibutuhkan tubuh. Karena tiap gram dari protein yang kita makan, mengandung empat kalori.

Diet tinggi protein
Diet tinggi protein sering dipromosikan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Diet ini juga dikaitkan dengan kesehatan otot di masa tua. Tapi hal ini pun masih jadi perbincangan dikalangan ahli. “Beberapa studi mendukungnya, beberapa tidak,” kata dietitian Kathy McManus, direktur pada Department of Nutrition di Harvard-affiliated Brigham and Women’s Hospital.

Di usia pertengahan, orang-orang mulai kehilangan massa otot dan fungsinya. Kondisi ini menimbulkan risiko kelemahan. Hilangnya fungsi otot di usia pertengahan atau tua, telah menyita perhatian banyak ahli. Tapi menurut mereka, belum ada bukti yang kuat kalau makanan tinggi protein, dapat mencegah hilangnya fungsi otot. Tidak meyakinkan pula diet tinggi protein dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.
Previous
Next Post »